Dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Tapanuli Utara yang ke-77  tahun, Dinas Pariwisata Kabupaten Tapanuli Utara turut ikut ambil peran dengan menggelar berbagai kegiatan yang luar biasa seperti : Sport Tourism ‘GOWES TOUR DE SIBANDANG I’, Festival dan Kompetisi Burung Berkicau, Pemilihan Putra-Putri Bonapasogit Tahun 2022 serta Festival Ulos & Fashion. Serangkaian acara tersebut dilaksanakan dalam beberapa hari berturut-turut. 

Kegiatan yang pertama adalah Sport Tourism ‘GOWES TOUR DE SIBANDANG I’ dengan mengambil titik Start Geosite Hutaginjang  yang merupakan salah satu destinasi wisata yang dimiliki Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara. Kegiatan ini diikuti oleh peserta dari berbagai daerah seperti Kabupaten Tapanuli Utara, Kota Medan, Kabupaten Deli Serdang, Kabupaten Simalungun, Kota Pematang Siantar, Kabupaten Toba, Kabupaten Samosir, Kabupaten Humbang Hasundutan dan Kabupaten Dairi. Adapun rute yang dilalui peserta gowes : Hutaginjang, Dolok Martumbur, Desa Aritonang dan Unte Mungkur dimana seluruh desa adalah merupakan desa wisata yang dimiliki Kecamatan Muara kemudian peserta akan menyeberang ke Pulau Sibandang menggunakan Kapal Ferry penyeberangan KMP Muara Putih.  Setelah seluruh peserta melalui garis finish, akan dilanjutkan dengan sesi hiburan dan lucky draw berupa pengundian hadiah yang disiapkan oleh panitia, Bank SUMUT Tarutung, Bank BNI. Ada sebagian hadiah yang diterima melalui lucky draw, disumbangkan kepada korban dampak gempa berupa gelas dan perlengkapan dapur lainnya. Peserta juga menggalang dana bagi korban gempa bumi di Kabupaten Tapanuli Utara dan terkumpul sebesar Satu Juta Tujuh Ratus Lima Puluh Lima Ribu Rupiah (Rp. 1.755.000,-)

Adapun peserta yang mendapatkan hadiah Lucky Draw GOWES DE SIBANDANG I adalah : Ade Sumardi (Hadiah Kulkas), Chanra (Mesin Cuci), Kevin (Hadiah Sepeda), Sugianto (Hadiah Sepeda), Ramlan (Hadiah TV), Darman (Kompor Gas), Sutitno (Kompor Gas), Reinhard Pasaribu (Kompor Gas), Immanuel Situmorang (Kompor Gas).

Kegiatan yang kedua adalah Festival dan Kompetisi Burung Berkicau. Kegiatan ini dilaksanakan di Lapangan Salib Kasih, Siatas Barita pada Minggu, 02 Oktober 2022. Kompetisi ini diikuti oleh berbagai peserta dari berbagai daerah. Hadiah Utama yang diperebutkan adalah satu (1) unit mobil. 

Kegiatan yang ketiga adalah Pemilihan Putra-Putri Bonapasogit Tahun 2022. Kegiatan ini dilaksanakan di Sopo Partungkoan pada Minggu, 02 Oktober 2022. Adapun pemenang dalam ajang pemilihan putra-putri Bonapasogit tersebut adalah :

  1. Juara I Putra/Putri : Bima M. H. Sianturi/Ivany Damayanti Silitonga
  2. Juara II Putra/Putri : Goklas Nababan/Angelika Simanjuntak
  3. Juara III Putra/Putri : Rio Pasaribu / Gimania Manurung

Kegiatan yang berikutnya adalah Festival Ulos dan Fashion yang dilaksanakan pada Senin-Selasa, 03 s/d 04 Oktober 2022 di Geosite Hutaginjang, Kecamatan Muara. Adapun para pemenang dalam Festival Ulos dan Fashion adalah :

 PEMENANG LOMBA TENUN ULOS SADUM

  1. Septiane Sibuea
  2. Nurhaida Siahaan
  3. Feronika Bresda Hatabarat

PEMENANG LOMBA TENUN ULOS MANGIRING

  1. Emi Pakpahan
  2. Marta Siregar
  3. Timayur Siregar

PEMENANG LOMBA FASHION ANAK

  1. Gracesya Panggabean
  2. Nathani Purba
  3. Meilina Pratama

PEMENANG LOMBA FASHION REMAJA

  1. Laudya Lumbanbatu
  2. Sion Nainggolan
  3. Queen Lumbantoruan

PEMENANG LOMBA FASHION DEWASA

  1. Maria Simanjuntak
  2. Melva Ginting
  3. Betry Simorangkir

PEMENANG LOMBA FASHION SHOW LANSIA

  1. Rosita Simamora
  2. Ardine Siregar
  3. Ratna Panggabean

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Tapanuli Utara, Sasma Hamonangan Situmorang, S.STP, M.Si berharap kiranya setiap rangkaian kegiatan yang sudah dilaksanakan dapat meningkatkan kepariwisataan di Kabupaten Tapanuli Utara. Kiranya pariwisata semakin maju dan semakin cemerlang, khususnya Kawasan Danau Toba sebagai Destinasi Super Prioritas.  

 

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *