Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara melalui Dinas Pariwisata melaksanakan beberapa kegiatan Pelatihan di Kecamatan Muara diantaranya adalah Pelatihan Tata Kelola Bisnis dan Pemasaran Pariwisata, Pelatihan Pemandu Ekowisata, Pelatihan Pemandu Wisata Budaya dan Pelatihan Pemandu Geowisata yang dilaksanakan di Hotel GNB, Kecamatan Muara, Kabupaten Tapanuli Utara. Keempat Pelatihan tersebut dilaksanakan selama 12 hari mulai 15 September sampai 28 September 2022. Tiap pelatihan berlangsung selama tiga hari. Setiap pelatihan diikuti oleh 40 orang peserta yang terdiri dari latar belakang yang berbeda seperti Pelaku Ekonomi Kreatif, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), Pemandu Wisata maupun Komunitas Masyarakat Sadar Wisata.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Tapanuli Utara, Sasma Hamonangan Situmorang, S.STP, M.Si menyampaikan bahwa tujuan pelaksanaan kegiatan pelatihan-pelatihan tersebut adalah untuk meningkatkan pengetahuan, motivasi dan kemampuan para pengelola daya tarik wisata, desa wisata, dan destinasi pariwisata lainnya dalam melakukan tata kelola, bisnis, dan pemasaran destinasi pariwisata. Pelatihan yang didasarkan dari anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) Non Fisik Dana Pelayanan Kepariwisataan ini juga ditujukan untuk peningkatan pengetahuan, motivasi, dan kompetensi para pemandu wisata, khususnya pemandu wisata budaya, ekowisata dan pemandu geowisata agar dapat lebih profesional dan berkualitas dalam melakukan pelayanan pemandu wisata kepada wisatawan. ‘Semua masyarakat juga hendaknya bekerjasama dengan pemerintah dalam mengembangkan Muara. Semua pihak harus bahu membahu dalam mengembangkan Destinasi Super Prioritas Danau Toba’, ujarnya.

Kepala Dinas juga menambahkan bahwa dengan upaya-upaya yang dilakukan maka  akan memberi dampak positif pada sektor kepariwisataan dan juga peningkatan perekonomian masyarakat. Hal tersebut dapat terwujud bila diimbangi juga dengan keberadaan SDM pariwisata yang terlatih. Pelatihan kepada SDM Pariwisata merupakan faktor terpenting yang turut menentukan keberhasilan, berkembang dan majunya kepariwisataan di Kabupaten Tapanuli Utara. SDM pariwisata terlatih yang akan  memperkenalkan dan mempromosikan pariwisata Kabupaten Tapanuli Utara secara tepat sasaran kepada wisatawan nusantara dan mancanegara.

Pelatihan ini akan menghadirkan pemateri-pemateri yang kompeten di bidangnya, diantaranya yaitu Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Tapanuli Utara, Sekretaris Dinas Pariwisata Kabupaten Tapanuli Utara, Kepala Bidang Pengembangan Ekonomi Kreatif, Akademisi dari Politeknik Pariwisata (POLTEKPAR) Medan, Akademisi dari IAKN Tarutung serta Akademisi dari Akademi Pariwisata ULCLA Tarutung.

Sasaran yang diharapkan tercapai pada pelatihan ini diantaranya peserta mengetahui dan memahami bagaimana merencanakan dan melaksanakan pemanduan wisata budaya, ekowisata dan geowisata serta meningkatkan pengetahuan, motivasi dan kemampuan para pengelola daya tarik wisata, desa wisata, dan destinasi pariwisata lainnya dalam melakukan tata kelola, bisnis dan pemasaran destinasi pariwisata.

By admin

One thought on “Pentingnya Pengembangan SDM untuk Kemajuan Pariwisata Kabupaten Tapanuli Utara”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *