Featured Video Play Icon

 

Marhottas adalah sebuah ritual yang dilakukan oleh petani kemenyan dari masyarakat Batak Toba sebelum melakukan penyadapan pohon Kemenyan (Batak Toba disebut pohon haminjon). Kemenyan yang dalam bahasa lokal sering disebut haminjon (Styrax Paralleloneurum), adalah komoditi yang sangat dibanggakan oleh masyarakat Batak terutama yang berdomisili di kawasan Humbang Hasundutan, Tapanuli Utara, Tapanuli Tengah, Barus, dan wilayah sekitarnya. Dahulu sekitar abad ke-5 (bahkan jauh sebelumnya), kemenyan pernah menjadi komoditi yang nilainya setara bahkan lebih bernilai dari emas. Dapat dibayangkan pada masa itu petani dan penduduk setempat adalah masyarakat yang makmur dan sejahtera.

Tradisi marhottas, pemberangkatan para petani kemenyaan merupakan kegiatan tahunan di Desa Hutajulu, Kecamatan Parmonangan, Kabupaten Tapanuli Utara. Tepat, pada hari Selasa (2/8/2022), masyarakat di desa tersebut, kegiatan tradisi marhottas diselenggarakan. Dalam acara marhottas tersebut, sejumlah petani yang bakal berangkat ke hutan kemenyaan mendapatkan restu dan doa dari masyarakat sekitar.

Nikson Nababan mengatakan, marhottas akan menjadi agenda tahunan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara, dengan harapan daerah tersebut menjadi agrowisata di tingkat nasional bahkan hingga mancanegara. Pihaknya akan terus mengembangkan kemenyan di daerah tersebut demi peningkatan perekonomian masyarakat Tapanuli Utara.

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.