Featured Video Play Icon

DISPAR TAPUT GO.ID, Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan memastikan tradisi marhottas atau pemberangkatan petani kemenyaan di Tapanuli Utara sebagai agenda tahunan di bidang pariwisata.

Setelah menginap semalaman di Desa Hutajulu, Kecamatan Parmonangan, Kabupaten Tapanuli Utara, Nikson Nababan telah mendengarkan aspirasi masyarakat sekitar termasuk pengembangan pariwisata.

Ia juga menyampaikan tradisi marhottas tersebut akan diperkenalkan pada kancah nasional sebagai bagian dari desa wisata.”Yang pertama, ada festival desa wisata, desa adat pada tingkat nasional. Dan kegiatan ini kita ikutkan pada lomba tersebut,” ujar Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan saat berada di Desa Hutajulu, Selasa (2/8/2022).

“Mudah-mudahan, ini bisa berhasil sebagai pemenang,” sambungnya.Selanjutnya, ia menyampaikan perihal penggalian nilai budaya sebagai bagian dari pengembangan pariwisata di Kabupaten Tapanuli Utara.Dalam acara tersebut terlihat masyarakat sekitar mengikuti acara marhottas. Para petani kemenyaan diberangkatkan menuju hutan kemenyaan dengan doa dan ritual adat.”Yang kedua, ini yang harus kita gali kembali bahwa dengan budaya itulah persatuan dan kesatuan bisa kembali,” ujarnya.
Melalui kehadirannya, Nikson Nababan berharap masyarakat semakin termotivasi mengembangkan desa wisata yang mengangkat nilai budaya.Kehadiran saya di sini sebagai kepala daerah adalah untuk memberikan semangat dan spirit bagi masyarakat karena masyarakat di sini menggali budaya,” ungkapnya.”Ini akan kita agendakan sebagai kegiatan tahunan dan masukkan pada kalender pariwisata. Dan beberapa item di daerah lain juga akan kita lakukan hal sama,” pungkasnya.(Admin.1)

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.