DISPAT TAPUT.GO.ID, Pariwisata adalah aspek yang sangat penting yang dapat memberikan berbagai manfaat positif. Hal ini selaras dengan salah satu misi pemerintah Taput yaitu, meningkatkan destinasi wisata melalui pengembangan wisata alam, budaya, rohani, dan agrowisata.

Dalam memajukan pariwisata di Tapanuli Utara, pemerintah perlu berkolaborasi dengan pelaku untuk mengembangkan objek tujuan wisata dan sumber manusia yang terampil.

Bupati Taput Drs Nikson Nababan MSi memberikan kuliah umum dengan tema ‘Ketersediaan SDA dan SDM Dalam Pengembangan Kepariwisataan Daerah Tapanuli Utara’. Berlangsung di Gedung Sopo Partungkoan Tarutung, Jumat (29/7/2022).
Turut mendampinginya, Kadis Pariwisata Sasma Situmorang dan beberapa pimpinan OPD.

Dalam paparannya, Bupati menekankan bahwa tidak hanya pemerintah saja yang bekerja. Butuh sinergitas dan interkoneksi dalam konsep ‘pentahelix’ atau multipihak yang menggabungkan berbagai pihak pelaku wisata. Yaitu pemerintah, akademisi, pelaku usaha industri wisata, media, komunitas atau masyarakat dalam pengembangan potensi wisata dan kawasan desa yang mengedepankan kearifan lokal dan bersumber daya lokal.

Terdapat aspek 3A (atraksi, amenitas, dan aksesibilitas) dan pendidikan yang menjadi dasar dalam perencanaan pengembangan wisata di Taput. Atraksi wisata di Taput memiliki keunikan dan daya tarik khas. Ini yang membuat banyak orang tertarik untuk mengunjungi objek wisata di daerah itu. Dari sisi aksesibilitas dan amenitas, unsur ini juga penting dalam keberlangsungan wisata. Dalam hal pendidikan perlu hadirnya universitas negeri di Tapanuli untuk pembangunan SDM.(Admin 1)

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.