Dinas Pariwisata Taput selenggrakan Pelatihan Inovasi Higienitas Kuliner Di Destinasi Pariwisata

Dinas Pariwasata Taput mendaulat Ketua TP PKK Tapanuli Utara (Taput) Satika Simamora memaparkan ‘Table Manner’ bagi 40 orang penggiat kuliner wisata di Taput saat ditunjuk sebagai narasumber pada pelatihan Peningkatan Inovasi Higienitas Sajian Kuliner di Destinasi Pariwisata di Kecamatan Siatas Barita, Jumat (2/7).

Pelatihan yang digelar selama tiga hari, tanggal 1-3 Juli 2021, menghadirkan sejumlah narasumber yang membahas sisi inovasi dan higienitas sajian kuliner, table manner, hingga praktik langsung penyajian kuliner.

Selain Satika Simamora, juga turut hadir sebagai narasumber Kadis Pariwisata Taput YC Hutauruk serta Debora Purba Dosen Akpar ULCLA.

Peserta terdiri dari 40 orang penggiat kuliner di kawasan wisata Salib Kasih, Panatapan Geosite Hutaginjang Muara, dan kawasan wisata Aek Situmandi Tarutung.

Menurut paparan Kadis Pariwisata Taput YC Hutauruk, kegiatan pelatihan yang dilaksanakan sesuai protokol kesehatan turut menekankan sisi keramahtamahan para pegiat kuliner sebagai salah satu modal dalam upaya peningkatan sektor pariwisata.

Debora Purba dalam paparannya lebih menekankan agar penggiat kuliner wisata mampu membuat sajian higienitas sebagai sajian inovasi kuliner.

Sementara Ketua DekranasdaTaput Satika Simamora selaku salah satu narasumber yang dihadirkan menekankan pentingnya pemahaman dan etika dalam penyajian makanan.

Seenak apapun makanannya, jika selera makan sudah hilang, itu percuma. Makanya, ‘Table Manner’ juga menjadi hal yang harus dikuasai,” ucapnya.Apalagi dalam penggunaan peralatan maupun kemasan makanan diupayakan tetap higienis. Serta pelayanan yang baik, kebersihan dan keramahan pelayan juga dinilai akan menambah selera makan tamu.

Etika atau tata cara makan harus dipelajari. Apalagi dalam penyajiannya. Seluruhnya harus dipahami agar tamu dan wisatawan yang singgah betah berwisata di Taput. Sebab Table Manner memiliki nilai norma sosial tersendiri.(Admin TM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *