9 Destinasi Tempat Wisata di Tapanuli Utara

Berencana liburan ke Tapanuli Utara? Jangan lewatkan berbagai destinasi wisata di Tapanuli Utara favorit berikut:

Wisata Tapanuli Utara – Tapanuli Utara merupakan sebuah kabupaten di Sumatera Utara yang masyarakatnya didominasi etnis Batak Toba. Namun, yang menarik dari Tapanuli Utara tidak hanya kebudayaan khas Batak Toba saja, lho. Ada banyak sekali destinasi wisata di Tapanuli Utara yang unik dan layak untuk dijelajahi saat musim liburan tiba.

Penasaran seperti apa daya tarik wisata yang ditawarkan Tapanuli Utara? Intip beberapa pilihan tujuan wisata Tapanuli Utara favorit berikut:

Rekomendasi Wisata di Tapanuli Utara
1. Pemandian Air Soda Parbubu

5 Tempat Wisata di Tarutung Tapanuli Utara - Sering Jalan

Dari namanya saja kamu sudah bisa mengetahui bahwa objek wisata di Tapanuli Utara ini sangat unik. Bagaimana tidak? Berbeda dengan pemandian pada umumnya, di Pemandian Air Soda Parbubu kamu bisa berendam di kolam yang airnya mengeluarkan buih-buih gas layaknya air soda!

Pemandian sejenis ini sendiri hanya terdapat dua saja di dunia, lho. Selain di Desa Parbubu, kamu bisa menemukan pemandian air soda di Venezuela.

Selain keunikannya ini, kandungan air di pemandian ini juga dipercaya baik untuk kesehatan kulit, lho. Jadi, tak cuma menjadi lebih segar, setelah berendam di pemandian ini kamu juga bisa merasakan kulitmu akan terasa lebih halus.

2.Kawah Sipoholon

Sumatera Utara memang terkenal memiliki banyak destinasi pemandian alami. Selain Pemandian Air Soda Parbubu, ada pula Kawah Sipoholon yang tak cuma terkenal akan sumber mata air panas melainkan juga eksotisme pemandangan kawah yang sangat eksotis.

Berendam air panas dengan kawah dengan permukaan air kebiruan dikelilingi tebing-tebing berwarna putih tak cuma bisa menyegarkan tubuh dan pikiran namun juga matamu.3. Huta Ginjang

3.Huta Ginjang

Destinasi tempat wisata di Tapanuli Utara selanjutnya ini jika diterjemahkan bisa disebut sebagai Kampung Tinggi. Dan, sesuai dengan namanya Huta Ginjang memang berada di ketinggian 1.550 mdpl yang menjadikannya tujuan wisata yang tepat untuk kamu yang ingin memandang keindahan alam di Sumatera Utara dari ketinggian.

Tak cuma bisa melihat lebih jelas keindahan Danau Toba dan juga Pulau Samosir, objek wisata Tapanuli Utara satu ini juga jadi tempat olahraga paralayang. Suka olahraga ekstrem yang menantang? Paralayang di Huta Ginjang bisa jadi pilihan aktivitas untuk lengkapi liburan.

4.Istana Sisingamangaraja XII

Liburan ke Tapanuli Utara takkan lengkap rasanya sebelum mengunjungi Istana Sisingamangaraja XII untuk melihat lebih dekat adat dan tradisi Batak. Sisingamangaraja XII sendiri merupakan salah satu raja di negeri Toba yang juga merupakan pahlawan nasional Indonesia karena jasa-jasanya dalam melawan penjajahan Belanda.

Selain bisa mengagumi keindahan arsitektur tradisional yang bergaya Rumah Bolon atau Rumah Gorga yang merupakan rumah adat masyarakat Batak, tempat wisata sejarah di Tapanuli Utara ini juga terdapat makam serta informasi-informasi sejarah seputar sosok Sisingamangaraja XII.5. Pulau Sibandang

7.Pulau Sibandang

Tahukah kamu bahwa Samosir bukanlah satu-satunya pulau yang terdapat di Danau Toba? Masih ada Pulau Sibandang yang juga dikenal dengan nama Pulau Mangga karena di pulau ini terdapat banyak sekali pohon mangga. Ada pula yang beranggapan bahwa julukan ini muncul karena bentuk dari Pulau Sibandang yang sekilas terlihat seperti buah mangga.

Objek wisata di Tapanuli Utara ini menawarkan banyak sekali daya tarik, mulai dari melihat langsung proses pembuatan kain Ulos di desa Papende, hingga menelusuri peningalan sejarah masyarakat Batak di Pulau Sibandang seperti rumah dari Raja pertama di Sibandang yang telah berusia kurang lebih 300 tahun serta makam Raja Sorta Uluan yang diyakini sebagai Raja Pulau Sibandang di puncak bukit Sibandang dan situs Partukkoan yang merupakan kursi batu yang dipercaya sebagai tempat raja-raja terdahulu bermusyawarah.

6.Situs Hindu Hopong

Berbicara soal wisata sejarah, Pulau Sibandang bukan satu-satunya objek wisata di Tapanuli Utara yang bisa kamu kunjungi untuk mengenal sejarah di tanah Batak ini. Berbeda dengan objek wisata di Pulau Sibandang, Situs Hindu Hopong yang berada di lereng Bukit Jalur Taput ini justru memiliki peninggalan-peninggalan kuno bercorak Hindu yang umumnya lebih banyak ditemukan pada candi-candi bercorak Hindu seperti Candi Simangambat yang berada di Mandailing Natal.

Corak Hindu yang kental membuat objek wisata di Tapanuli Utara ini dipercaya telah ada sejak abad ke-9 masehi dimana Kerajaan Sriwijaya masih berkuasa pada masa tersebut.7. Tugu Toga Aritonang

7.Tugu Toga Aritonang

Diresmikan pada 11-12 Maret 2016, Tugu Toga Aritonang bisa dikatakan sebagai destinasi wisata di Tapanuli Utara yang relatif masih baru. Didirikan dengan dana mencapai Rp 5 miliar oleh Marga Aritonang yang merupakan keturunan Raja Lontung ke-6, Tugu Toga Aritonang menjelma jadi daya tarik wisata baru di Tapanuli Utara.

Tak hanya karena arsitektur tugu yang megah dan futuristik, namun dikarenakan lokasinya yang berada di atas bukit di Desa Dolok Martumbur membuat pemandangan di sekitar tempat wisata Tapanuli Utara ini juga sangat memukau, termasuk pemandangan Danau Toba yang tak pernah gagal mempesona siapapun yang memandangnya.

8. Pemandian Air Panas Tamaro

Selain pemandian air soda dan pemandian di Kawah Sipoholon, masih ada satu lagi destinasi wisata pemandian air panas di Tapanuli Utara yang bisa kamu jadikan pilihan alternatif, yakni Pemandian Air Panas Tamaro yang berada di Desa Hutabarat.

Objek wisata di Tapanuli Utara ini dikelilingi alam yang masih asri sehingga kamu bisa merasakan udara yang segar sembari mengistirahatkan tubuh dengan berendam di hangatnya air di pemandian ini.9. Salib Kasih & Bukit Doa

9.Salib Kasih |

Bagi umat Nasrani, Tapanuli Utara juga memiliki objek wisata religi yang bisa kamu sambangi. Salah satunya adalah Salib Kasih, sebuah monumen yang dibangun pada 1933 sebagai bentuk penghormatan atas jasa “Ingwer Ludwig Nommensen”, misionaris berkebangsaan Jerman yang membawa masuk agama kristen ke Tapanuli.

Selain Salib Kasih, ada pula Bukit Doa yang kerap dijadikan destinasi ziarah lainnya. Di objek wisata religi satu ini terdapat “Jalan Salib Mahawu: dan juga Kapel Maria yang terkenal akan arsitektur bangunannya yang cukup unik tampil kontras di lingkungan alam sekitarnya yang asri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *